in

Komunikasi Menjadi Berarti, Bersama Erwin Parengkuan, Becky Tumewu, Lala Tangkudung, Fernando Edo dan Kamidia Radisti

Bagikan Berita-Komunikasi Menjadi Berarti, Bersama Erwin Parengkuan, Becky Tumewu, Lala Tangkudung, Fernando Edo dan Kamidia Radisti. Sabtu siang (18/7/2020) dalam suasana adaptasi peradaban baru dimasa pandemi ini, lebih baik memang di rumah saja. Namun di rumah saja bukan berarti anda harus goleran dan menjadi kaum rebahan. Talkinc yang berfokus pada pengembangan keahlian komunikasi mengadakan webinar :
The Main Facilitators Showcase with Erwin Parengkuan, Becky Tumewu, Lala Tangkudung, Fernando Edo and Kamidia Radisti.

Tentunya nama-nama tersebut diatas sangat familiar sekali ditelinga kita , mereka adalah MC Presenter dan Public Speaker yang sudah malang melintang di dunia radio dan pertelevisian.

Nah Sabtu seru dan energik , pada 18 July 2020, dari jam 14.00 – 16.00 WIB, para fasilator kondang diatas akan membagi ilmu seputar komunikasi , yuks kita simak obrolan mereka.

Semua orang dapat berkomunikasi dengan caranya masing-masing, tetapi tidak semuanya mampu berkomunikasi secara efektif.

Apa hubungan rasa percaya diri dengan kemampuan komunikasi ?
Percaya diri itu adalah modal dasar untuk melakukan sesuatu dalam mencapai tujuan baik dalam tugas maupun pekerjaan.

Rasa percaya diri dan komunikasi yang efektif adalah dua aspek yang saling mempengaruhi dalam menyampaikan pesan. Namun tidak selalu kemampuan komunikasi sejalan dengan tingkat kepercayaan diri, demikian juga sebaliknya. Yuk belajar bersama untuk mengembangkan rasa percaya diri yang sehat sekaligus dapat berkomunikasi dengan efektif
Rasa percaya diri bisa dibangun dengan self esteem yaitu menghargai diri sendiri dan terus mengevaluasi diri ( self recognize and self evaluation)
Menurut Becky Tumewu komunikasi efektif itu seyogya nya dilandasi dengan confidence yang sehat dengan porsi yang tepat.

Bak masakan kurang garam dikit rasanya gak pas kalo kebanyakan juga bikin masakan gak enak.
Confidence yang sehat adalah ketika berkomunikasi dengan respect dan empathy, komunikasi harus efektif, teratur ,terarah dan tuntas.

Menurut Fernando Edo , komunikasi efektif itu juga harus memiliki struktur dan sebaiknya dilakukan dua arah/ Two way communication.

Adapun struktur komunikasi itu adalah :
Mempunyai energi positif : opening yang impresive dan penuh semangat.

Mengolah isi pesan dengan data dan rasa sehingga menimbulkan engagement dengan lawan bicara / audience
Closing dengan powerfull
Dan yang harus lebih di perhatikan adalah Time duration dan konsistensi.
Dari hal yang diatas itu maka anda kan bisa membangun Personal Branding

Personal Branding lagi in banget nih, kenapa sih personal branding penting ?
Personal branding adalah cara dan proses kita dalam memasarkan diri terhadap orang lain, bagaiman kita dilihat orang lain , apa yang orang lain pikirkan saat melihat dan mendengar nama kita.

Analogi yang disampaikan oleh Edo adalah dengan 2 cangkir yang , yang satu polos dan yang satu bergambar dan menunjukkan ciri/ identitas atau merek dari cangkir tsb. Nah itu lah Personal Branding , yaitu merek diri anda, sehingga nama anda ada dalam TOP of mind orang-orang.
Bagaimana membangun Personal Branding ? Anda harus mempunyai value, skill, kompeten, prilaku yang menunjang , prestasi/achievment.

Dan anda juga harus memahami siapa lawan bicara anda. Hal ini bisa dengan understanding people, maping lawan bicara, maping audience dengan menyampaian pesan , membina dan membangun hubungan / engagement.

Kesan pertama juga sangat penting dalam komunikasi
Presenter Cantik Kamadia Rasti menyampaikan bahwa perlu 7 detik untuk untuk membangun first impression dalam sebuah komunikasi , yaitu dengan komunikasi yang hangat dan dapat dipercaya.

Menurut Lala Tangkudung hal itu bisa diimplementasikan dengan gaya komunikasi menurut karakter berdasarkan sifat dasar manusia, yaitu :
Pasif, yaitu mengandalkan orang lain
Agresif mengutamakan diri sendiri – Self centre
Asertif yaitu yaitu komunikasi yang dibangun untuk tujuan bersama dengan mendengarkan dan menghargai. Nah untuk Asertif ini bisa dilakukan dengan 3 C yaitu :
Confidence – percaya diri
Clear – mudah dipahami
Control – terkendali

Ada gak sih tips untuk suara dalam komunikasi ?
Pesan harus dikemas secara menarik dengan artikulasi dan intonasi yang pas. Dan harus dinamis dan excited dan pastikan Smiling Voice. Smiling voice adalah suara yang bernada gembira yang akan memotivasi orang lain untuk lebih antusias berkomunikasi dua arah secara efektif. Sebaiknya menggunakan suara diafragma atau dikenal juga dengan suara perut, karena jenis suara ini lebih bertenaga, bulat terdengar jelas dan keras tanpa harus berteriak.

Untuk menjalin komunikasi yang efektif maka Becky Tumewu mengingatkan kita harus mengupgrade diri dengan banyak membaca untuk menambah wawasan, getting personal to sencerity, cherfull dalam membangun relationship. Komunikas akan efektif apabila diwarnai dengan sentuhan pribadi yang tulus dan penuh keceriaan.

Mengapa Profiling & Mapping Audience/ lawan bicara penting
Presenter handal Erwin Parengkuan mengatakan bahwa mengenal audience sangat penting. Bagaimana memahami dan memberikan apa yang audiens inginkan jika Anda tak mengenal siapa mereka? Ketika Anda tidak tahu sudut pandang apa yang mereka gunakan ketika mendengarkan Anda, proses komunikasi tidak akan terjalin.

Erwin menyampaikan bahwa Hiprocates seorang tokoh filsuf ternama dari yunani. Dia berpendapat bahwa manusia memiliki 4 jenis kepribadian. Yaitu sanguin, koleris, melankolis, dan plegmatis. Komunikasi efektif tergantung kepada siapa Anda menyampaikannya dan dalam situasi bagaimana komunikasi itu disampaikan dan bagaimana tipe lawan bicara anda .Komunikasi efektif adalah komunikasi yang bisa dipahami lawan bicara.
Semoga kita bisa menjadi NICE People dan membawa Postive Vibes dimanapun kita berada.

Terimakasih fasilitator handal dan keren untuk sharing ilmu yang luar biasa Dua jam yang tak terasa, terbius dengan gaya yang fun dari kelima narasumber namun pesan yang disampaikan masuk dan nempel di hati dan tersimpan baik di benak peserta yang hadir.
Thank u somuch Mas Erwin Parengkuan, Bu Becky Tumewu, Mbak Lala Tangkudung, Mbak Kamidia Rasti, Mas Fernando Edo.

Penulis : Rini Dianti Fauzi, S.IP, M.Ikom
Dosen Manajemen Universitas Pamulang

What do you think?

1 point
Upvote Downvote

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Loading…

0

Comments

0 comments

PSBB Proporsional Bodebek Diperpanjang

realme Kenalkan Teknologi Pengisian Daya Cepat 125W UltraDART, Mampu Mengisi 33% Baterai 4.000mAh Dalam Waktu 3 Menit