in

Forsikatel Group Telkom Akses Gelar Webinar “Gali Potensi Diri di Era Pandemi”

Bagikan Berita-Gali Potensi Diri di Era Pandemi. Dimasa penyesuaian peradaban baru ini, semua aktivitas yang tidak mengharuskan keluar rumah maka sebaiknya tetap di rumah saja. Dan kegiatan pertemuan rutin ibu-ibu Forum Silaturahmi Istri Karyawan Telkom – FORSIKATEL GROUP TELKOM AKSES yang diadakan setiap dua bulan, dilakukan secara virtual.

Jumat siang 17 Juli 2020, acara diagendakan mulai jam 13.00, namun selepas zhuhur ruang meeting zoom sudah riuh dengan celotehan ibu-ibu yang saling menanyakan kabar dan ungkapan kerinduan. Sesuai dengan jadwal acara pun dibuka dengan pembacaan doa, memohon agar kita semua selalu dalam lindungan Tuhan YME. Kegiatan pertemuan ini di selenggarakan oleh Divisi Supply and Commerce, dalam laporannya Ibu Laksmi Ketut Budi Utama menyampaikan , bahwa acara ini di hadiri oleh istri karyawan Telkom Akses se-Indonesia yang terdiri dari 7 regional : Jabodetabek, Sumatra, Jabar, Jateng DIY, Jatim Nusra,Kalimantan dan KTI.

Dari konfirmasi kehadiran tampak ibu-ibu sangat antusias dan penuh semangat untuk mendengarkan Webinar dengan tema : Gali Potensi Diri di Era Pandemi bersama Ratih Sanggarwati.

Kemudian dalam sambutannya ketua Forsikatel Group Telkom Akses Ibu Rima Semly Saalino menyampaikan rasa rindu kepada ibu-ibu dan pesan untuk selalu menjaga kekompakan, menjaga sikap dan tutur kata, tetap semangat, selalu mengambil manfaat dari setiap kegiatan yang dilakukan.

Dalam webinar yang digelar Jumat siang ini, mantan Peragawati dan Model di era 80 Ratih Sanggarwati menyampaikan hal-hal yang terkait “Bagaimana Menggali Potensi Diri di era Pandemi”. Potensi diri merupakan kemampuan serta kekuatan dalam diri seseorang, baik yang belum terwujud maupun telah terwujud dan ini bisa dikembangkan. Potensi diri ini adalah rangkaian dari pengembangan diri yang bisa dipengaruhi oleh lingkungan dan juga kearifan lokal. Hal yang diperlukan adalah berlatih terus menerus dan kemudian fokus terhadap apa yang kita lakukan.

Mulailah dari hal-hal yang ada di sekitar kita, tentunya semua itu harus didasari oleh kemauan dan keinginan
Potensi diri terkadang bisa timbul karena keterpaksaan ataupun karena tuntutan/ situasional. Seperti hal nya kondisi pandemi yang saat ini kita alami yang mengharuskan kita lebih banyak berativitas dari rumah saja. Banyak ibu-ibu yang kemudian jadi chef dadakan yang bisa membuat aneka makanan dan kue-kue yang selama ini jarang dilakukan. Membuka google menonton youtube untuk mencari aneka resep dan kemudian mempraktekannya.

Ada yang menjadi penghubung antara pembeli dan penjual , menjadi reseller karena mempunyai teman dan komunitas yang banyak sehingga pemasarannya menjadi luas. Semua bisa dimulai dari rumah, mulai dari dapur dengan menciptakan aneka makanan kemudian di posting di media sosial , melangkah ke ruang tamu bisa menjual sarung bantal sofa dan asesoris untuk interior rumah. Piranti dan alat–alat makan yang cantik dan menarik dengan memposting meja makan dengan dinner set lengkap, dsb.

Berikut ada beberapa Tips untuk menggali potensi diri yang disampaikan oleh Ratih Sang :
Memulai
Temui potensi diri Anda dengan langkah memulai. Mulai-lah dari hal terkecil sekali pun. Jika dikelola dengan baik, hal-hal paling sepele sekali pun bisa menjadi sesuatu yang berharga. Mulailah dengan barang apa saja yang ada di rumah.
Mencoba
Setelah memulai dan menemukan ide menarik, coba praktikkan dalam beberapa kali. Jangan sampai baru nyoba sekali, gagal, terus malas enggak dicoba lagi
Ulangi
Jika ternyata Anda menyukai apa yang dilakukan, maka ulangi terus. Lakukan pengulangan dan eksplorasi potensi Anda hingga terus berkembang. Kalau ternyata enggak suka, ulangi lagi, mencari yang lain sampai menemukan yang nyaman.
Tidak Gampang Untuk Menyerah
Tidak perlu putus asa, yang mesti kamu lakukan adalah terus mencoba dan tidak gampang menyerah soal hal itu. Menggali potensi di dalam diri juga butuh waktu, sehingga ada kemungkinan anda akan melakukan banyak sekali percobaan.

Secara singkat, jangan mudah menyerah untuk terus mencoba ya!
Potensi diri kita dapat digali apabila kita mau berubah , harus berubah dan dapat berubah. Sebagai wanita kita harus bisa menggali potensi diri untuk menjadi perempuan produktif yang multitalenta, dan kemudian harus bisa merangkai puzzle-puzzle kehidupan dengan skala prioritas menjadi suatu lukisan yang utuh nan indah untuk dilihat dan bisa dinikmati dari berbagai sudut.
Oleh karena itu, jangan ragu untuk memanfaatkan waktu untuk mencoba menggali lebih dalam lagi potensi yang ada di dalam diri anda. Setiap orang memiliki potensi yang sama untuk sukses. Perbedaannya adalah seberapa besar motivasi mampu mengalahkan setiap hambatan. Mulailah menggali dan memahami diri sendiri, agar bisa menemukan dan mengembangkan potensi diri yang ada pada diri anda.

Penulis : Rini Dianti Fauzi, S.IP, M. Ikom
Dosen Universitas Pamulang, Anggota Forsikatel Group Telkom Akses.

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Loading…

0

Comments

0 comments

Jabar Matangkan Regulasi Sanksi Bagi Warga yang Tak Pakai Masker di Ruang Publik

Zodiak Hari Ini, Sabtu 18 Juli 2020 – Gemini Cancer Leo Virgo Libra Scorpio Lengkap