in

Problematika Pembelajaran Daring dengan Minim Fasilitas

Bagikan Berita- Problematika Pembelajaran Daring dengan Minim Fasilitas. Pandemi covid- 19 ini membuat pertumbuhan ekonomi melambat secara signifikan hinga 0 persen, inipun juga dirasakan dibidang pendidikan dengan keputusan pemerintah terkait memindahkan proses belajar mengajar di rumah dengan melaksanakan pembelajaran daring, peralihan ini membuat berbagai pihak untuk mengikuti alur agar pembelajaran dapat berlangsung yaitu dengan pemanfaatan teknologi sebagai media dalam pembelajaran daring. Banyak faktor yang menghambat dalam terlaksananya efektivitas dalam pembelajaran daring ini.

Tuntutan dalam proses belajar dalam metode daring ini merupakan solusi yang paling tepat untuk dilakukan, namun masih banyak kekurangan dalam metode daring ini diantaranya minimnya pengetahuan guru, siswa, orangtua terkait dengan teknologi dalam pengaplikasian metode daring ini ini merupakan permasalalahan yang acap kali terjadi. Tidaklah mudah untuk berapdatasi dan menguasai dengan cepat dalam pembelajaran daring ini, tidak hanya guru disini tetapi siswapun dalam mempelajari dan menguasai aplikasi daring tidak cepat, dan inpun peran orang tua diminta terlibat dalam metode pembelajaran daring ini.

Mungkin akan mudah jika orang tua dalam latar belakang pendidikan yang tinggi dalam membantu anak dalam pembelajaran metode daring ini, tetapi sangat kesulitan sekali bila latar belakang orang tua dengan pendidikan rendah yang gagap akan teknologi bahkan sama sekali tidak bisa, kendala lain ninimnya alat telekomunikasi ini dikarenakan dari kondisi perekonomian dengan latar belakang keluarga yang kurang mampu.

Ini perlu diperhatikan sebelum menerapkan metode daring ini, metode daring ini merupakan tantangan yang Sangat berat bagi guru, dalam mengaplikasikan metode daring ini guru harus bekerja lebih ekstra dengan memeprkaya dan mengupgrade ilmu dengan menguasai berbagai ilmu yang mendukung dalam kegiatan belajar dan mengajar metode daring ini.

Keterbatasan sarana dan prasarana ini merupakan pendukung dalam teknologi masih sebagian dari guru dalam kesejahteraannya masih harus diperhatikan trkadang untuk memnuhi kebutuhan pokok dalam keluarganya saja masih kesulitan.

Jaringan internet dalam pembelajaran daring ini tidak terlepas dari penggunakaan koneksi internet, terkadang pada penggunaan jaringan internet ini sering tidak stabil terkait letak gografis dengan lokasi yang terpelosok yang jauh dari jangkauan sinyal.

Seperti yang terjadi di Desa Mulyorejo kecamatan Kalibaru Kabupaten Banyuwangi berada di perbukitan berbatasan dengan hutan, bahwa pembelajaran daring masih belum efektif sebab tidak semua pedesaan mampu menjangkau akses internet yang lancar. Mungkin untuk jaringan seluler WA masih mampu untuk di akses akan tetapi bila membuka situs pembelajaran jaringan agak kurang mumpuni dalam jaringan sinyal.

Dalam pembelajaran daring yang terlalu lama ini mungkin dampaknya akan berpotensi mengakibatkan stres, maka harus tetap mengambil jeda untuk beristirahat diselingi metode asinkron yaitu metode yang disampaikan melalui pesan yang diposting melalui forum wa, email, web. Terlalu lama untuk duduk di layar komputer dapat membuat stres dan dan mempengaruhi kesehatan fisik dan juga mental.

Perlu banyak aspek yang harus diperhatikan dalam penerapan metode daring ini dalam mengikuti perkembangan jaman, kegiatan belajar dan mengajar ini tidak terbatas dalam penggabungan berbagai macam dalam belajar mungkin salah satunya dalam penggunaan kertas semakin berkurang karena beralih ke media online.

Pembelajaran dalam metode daring ini memiliki kelebihand dan kekurangan pastinya, sudah menjaditugas guru dalam menentukan teknik, gaya dalam mengajar yang disesuaikan dengan karakteristik para murid yang di ajarnya, karena mengajar adalah sebuah seni yang butuh kreativitas yang bukan hanya berfokus pada pemberian materi atau ilmu saja, karena otomatis guru harus dpat menemukan solusi dalam menjawab berbagai tantangan, guru dituntun harus dapat menggunkan berbagai variasi pembelajaran dalm berbagai teknik yang menyenangkan.

Oleh : Pusporini palupi J, S.S.T., M.M
Selaku petugas medis dan Dosen universitas pamulang
IG : prinipalupi09

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Loading…

0

Comments

0 comments

Neuva Ice, AC Pintar untuk Kesehatan dan Udara yang Lebih Berkualitas

Zenius Selenggarakan Grand Try Out UTBK Gratis, Siapkan Calon Mahasiswa Masuk Perguruan Tinggi Impian