in

Antisipasi Banjir Pemkot Bandung Buat Sumur Resapan Drumpori

Bagikan Berita- Antisipasi Banjir Pemkot Bandung Buat Sumur Resapan Drumpori. Pemkot Bandung melalui Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kota Bandung optimistis target pembuatan 15.000 drumpori atau sumur resapan bisa tercapai, dengan asumsi tiap RW bisa membangun 10 drumpori.

Drumpori diharapkan bisa menjadi solusi tak hanya untuk meminimalisasi terjadinya banjir, juga untuk menyimpan air ke dalam tanah yang dapat dimanfaatkan masyarakat, terutama pada musim kemarau.

“Bila selama ini pas musim hujan air di kota Bandung melimpah hingga membuat banjir dan apabila musim kemarau susah mendapatkan air. Untuk itu selama ini biasanya kita menggunakan biopori sekarang kita menggunakan drumpori,”ujar Wakil Walikota Bandung Yana Mulyana saat di temui di Festival Kuliner Cibadak kota Bandung, Minggu malam (6/10/2019)

Lebih lanjut Yana mengatakan,Pak wali sudah meminta LPM, tahun depan setiap RW wajib membangun 10 drumpori. Kemarin sudah pelatihan dengan DPU. Jadi tahun depan ada sekitar 15.000 drumpori di 1.500-an RW di Kota Bandung. Sedangkan DPU sekarang sudah ada 570 drumpori.

Pembuatan drumpori bisa dilakukan oleh siapa saja karena relatif mudah atau sederhana. Yang diperlukan adalah drum, bisa menggunakan drum bekas pakai dan lahan untuk menanam drum tersebut.

Kemudian, drum ditanam di tanah dengan lubang yang kedalamannya setinggi drum tersebut. Lalu, bagian samping drum dilubangi dan bagian atas atau penutup drum juga dilubangi serta ditambal menggunakan semen atau beton agar lebih kuat.

Kemudian drumpori ditutup, satu drum yang ditanam dapat menampung air hingga 200 liter. Sementara posisi drumpori idealnya ditanam di denah rumah yang cekung, atau dekat talang agar air hujan dari rumah bisa langsung diserap tanpa tergenang.

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Loading…

0

Comments

0 comments

Era Digital Pemdaprov Jabar Lestarikan Permainan Tradisional

Jokowi Hadiri Leaders Retreat di Singapura