in

Viral Disertasi Mahasiswa UIN Yogyakarta Menyatakan Hubungan Seks Diluar Nikah itu Halal

Bagikan Berita-Viral Disertasi Mahasiswa UIN Yogyakarta Menyatakan Hubungan Seks Diluar Nikah itu Halal. Abdul Aziz, doktor dari UIN Yogyakarta, tetap mempertahankan disertasinya tentang hubungan intim di luar nikah yang tidak melanggar hukum Islam meski menuai kontroversi.

Abdul Aziz yang sedang mengambil program doktor di Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga, membuat disertasi kontroversial. Dia mengatakan bahwa hubungan seks di luar nikah tak melanggar syariat Islam.

Dalam disertasinya, Aziz mengemukakan konsep milkul yamin seorang intelektual asal Suriah, Muhammad Syahrur. Dalam konsep itu, dikatakan bahwa berhubungan badan doleh dilakukan dalam batas-batas tertentu, tanpa perlu adanya ikatan pernikahan.

Aziz menjelaskan bahwa ada dua jenis hubungan intim yang diperbolehkan di dalam Alquran. Yang pertama adalah jika adanya pernikahan, dan yang kedua yakni apabila ada milkul yamin.

Meski tidak perlu menikah untuk bisa berhubungan seks secara halal, namun Aziz mengatakan, ada beberapa syarat yang harus dipenuhi. Yang pertama, sang perempuan tidak boleh memiliki suami.

Jangan Tulis Perawan di Formulir Pernikahan, Bisa Begini Akibatnya
Jangan Tulis ‘Perawan’ di Formulir Pernikahan, Bisa Begini Akibatnya

“Kalau seorang laki-laki lajang atau beristri, boleh. Harus dewasa, berakal sehat dan tidak dilakukan secara zina, yakni hubungan seksual secara terbuka,” ujarnya.

Aziz juga menyatakan, hubungan intim antara laki-laki dan perempuan tanpa adanya ikatan pernikahan diperbolehkan, asalkan tidak ada hubungan darah antara keduanya. Konsep milkul yamin yang ia gunakan, yakni berdasarkan suka sama suka.

“Tidak ada landasan agama. Berbeda agama diperbolehkan,” pungkasnya.

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Loading…

0

Comments

0 comments

Mau Tahu 120 Anggota DPRD Jabar yang Baru ? Berikut Daftarnya

Hindari Jalan Jakarta, Sedang Ada Pembangunan Fly Over Jalan Jakarta- Jalan Supratman